Fiforlif Herbal

WANITA WAJIB TAHU! Ini 7 Penyebab Siklus Menstruasi Wanita Tidak Teratur

Menstruasi merupakan salah satu aktifitas fisik dari dalam tubuh yang rutin terjadi pada setiap wanita. Kondisi ini terjadi hanya jika tubuh wanita tidak mengalami pembuahan apda lapisan rahim oleh sel telur pasangan. Saat peluruhan dinding rahim inilah yang dikenal dengan masa menstruasi.
Pada umumnya, siklus menstruasi terjadi pada rentang waku 28 hari. Namun ada pula yang mengalami mentruasi selama 21 hari. Secara normal wanita akan mengalami menstruasi sebanyak 11 sampai 13 kali. Namun bisa juga siklus ini tidak selalu tepat, karena berbagai hal.

Berikut ini 7 Penyebab Menstruasi Wanita Menjadi Tidak Teratur :

Sakit
Beberapa penyakit tertentu bisa mengakibatkan keterlambatan haid. Namun jangan kuatir karena ini hanya sementara waktu saja, selanjutnya akan berjalan normal. Jika ternyata menstruasi justru tidak kunjung datang akibat penyakit tertentu, segera hubungi dokter terdekat.
Stres
Jumlah hormon gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH) akan menurun saat anda mengalami stress. Hal ini jelas akan mengganggu dan memperlambat jalannya haid. Jika ini berlangsung lama, jangan segan untuk menghubungi dokter agar stress anda bisa mereda.
Obat
Penggunaan obat tertentu ternyata bisa mempengaruhi siklus haid. Hal ini diakibatkan oleh adanya efek samping pengobatan yang tengah anda alami. Biasanya ini tidak akan berlangsung lama dan hanya membuat siklus haid anda bergeser.
Kegemukan
Obesitas atau kelebihan berat badan bisa mengakibatkan adanya perubahan siklus menstruasi. Ini terjadi karena berat badan berlebih akan mempengaruhi hormon did alam tubuh dan dapat menggeser waktu menstruasi. Bahkan jika dalam kondisi akut, obesitas bisa menghentikan siklus menstruasi sementara waktu. 
Terlalu kurus
Terlalu kurus juga tidak baik bagi kesehatan. Wanita yang terlalu kurus bisa mengalami pergeseran siklus menstruasi yang dikenal dengan sebutan amenorrhea. Lebih baik kondisikan tubuh anda dalam porsi yang ideal agar tidak mengalami kelebihan atau kekurangan berat badan.
Adanya Perubahan jadwal beraktifitas
Jadwal beraktifitas atau bekerja yang berubah juga bisa mengakibatkan perubahan siklus menstruasi. Misalnya saja anda biasanya bekerja di pagi hari, kemudian siklus kerja anda bergeser menjadi malam hari sehingga keterlambatan haid juga sangat mungkin terjadi.
Menopause
Siklus menstruasi biasanya akan berhenti saat anda memasuki masa monopouse. Proses ini akan berlangsung secara alamiah karena anda sudah tidak lagi subur dan menambah keturunan lagi.
Baca juga : Inilah Tanda-Tanda Vagina Kamu Bermasalah
Demikianlah 7 penyebab perubahan siklus menstruasi wanita menjadi tidak teratur. Setiap wanita pasti memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Daya tahan tubuh inilah yang akan menyebabkan besar kecilnya gangguan pada siklus menstruasi anda. Pastikan selalu menjaga komunikasi dengan dokter apabila terjadi siklus menstruasi yang tidak teratur atau bahkan telat menstruasi hingga berminggu-minggu.
Sumber: Solusikesehatan.net

Baca juga :

[SHARE ARTIKEL INI]

Berlangganan Artikel dikirim otomatis di email kamu:

0 Response to "WANITA WAJIB TAHU! Ini 7 Penyebab Siklus Menstruasi Wanita Tidak Teratur"

Post a Comment