Fiforlif Herbal

Faktor Pemicu Munculnya Penyakit Kanker

Hingga saat ini sesungguhnya penyebab kanker belum bisa dipastikan secara pasti. Penyakit mematikan ini terjadi karena kombinasi dari berbagai faktor seperti lingkungan dan genetik. Selain itu ada pula faktor-faktor lainnya sehingga sel sehat dalam tubuh mengalami mutasi dan membelah diri secara tak terkendali.

Faktor Pemicu Terjadinya Penyakit Kanker

Inilah faktor-faktor timbulnya penyakit kanker yang penting untuk diketahui sehingga bisa menjadi referensi kesehatan untuk menghindari penyakit tersebut.

Genetik
Faktor keturunan bisa menyebabkan beberapa orang yang mempunyai pertalian darah dengan penderita mempunyai resiko lebih tinggi untuk terserang kanker dibandingkan mereka yang anggota keluarganya bebas kanker.

Lingkungan
Faktor lingkungan yang bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker adalah terkena paparan asap rokok, ultraviolet dari sinar matahari, radiasi ionisasi yang digunakan dalam sinar rontgen, serta pembangkit listrik tenaga nuklir.

Makanan
Makanan yang melalui pengolahan panjang, makanan awetan dengan cara diasinkan, diasap, atau dikalengkan, juga makanan yang mengandung bahan pengawet sebaiknya tak menjadi konsumsi harian karena dapat menjadi faktor pemicu penyakit kanker. Makanan yang tercemar residu pestisida juga tergolong makanan yang mengandung karsinogen.

Virus
Beberapa jenis virus juga berpengaruh terhadap terjadinya penyakit kanker seperti virus Papilloma, Sitomegalo, Hepatitis, Epstein – Bar, serta HIV AIDS.

Infeksi
Parasit pemicu kanker kandung kemih yaitu Schstosoma menjadi penyebab kanker karena telah mengiritasi kandung kemih dalam waktu lama.

Perilaku
Gaya hidup membawa dampak yang cukup besar pada terjadinya penyakit kanker. Kebiasaan-kebiasaan yang memicu penyakit mematikan ini adalah merokok, konsumsi hidangan dengan lemak atau daging yang diawetkan, serta kebiasaan mengonsumsi alkohol. Selain itu perilaku dalam berhubungan intim yang tidak setia atau sering berganti pasangan atau melakukan hubungan intim pada usia terlalu muda juga akan membawa resiko terjadinya kanker pada organ reproduksi.

Keseimbangan hormonal
Ketidakseimbangan hormon pada wanita atau pria akan meningkatkan potensi terjadinya kanker pada payudara, kanker rahim, serviks, prostat, serta buah zakar. Hal ini karena hormon estrogen yang memicu pertumbuhan sel menjadi abnormal berjumlah lebih banyak bila dibandingkan hormon progesteron yang berfungsi sebaliknya yaitu mencegah pertumbuhan sel abnormal.

Depresi
Terjadinya gangguan psikis seperti depresi atau stres berat akan mengganggu keseimbangan seluler tubuh sehingga sel menjadi hiraktif dan bermutasi menjadi ganas dan berubah menjadi kanker.

Radikal bebas
Yang dimaksud dengan radikal bebas adalah molekul, atom, atau gugus atom yang memiliki elektron bebas tanpa pasangan pada lingkaran luarnya. Hal ini akan membawa dampak buruk pada tubuh manusia seperti penuaan dini, memicu mutasi sel, dan berbagai hal lain yang merugikan kesehatan. Sumber-sumbernya antara lain adalah, produk sampingan proses metabolisme, polusi lingkungan, makanan dan minuman yang terpapar bahan kimia berbahaya, dan sebagainya.
Nah, tentu ulasan di atas bisa menambah wawasan kesehatan Anda, tentang penyakit kanker bukan? Jangan lupa membagikan artikel yang bermanfaat ini.

Baca juga :

[SHARE ARTIKEL INI]

Berlangganan Artikel dikirim otomatis di email kamu:

0 Response to "Faktor Pemicu Munculnya Penyakit Kanker"

Post a Comment