Fiforlif Herbal

5 Jenis tanaman yang paling mematikan di indonesia

Kekayaan hayati tanah air kita memang luar biasa mulai dari tanaman hias, tanaman obat, hingga tanaman beracun yang tak hanya bisa menyebabkan gangguan kesehatan tetapi juga berpotensi menghilangkan nyawa seseorang. Bila Anda tergolong penghobby berkebun, berikut ini adalah referensi berharga bagi Anda yaitu jenis-jenis tanaman yang paling mematikan di indonesia.

5 Jenis tanaman yang paling mematikan di indonesia

Sesungguhnya di Indonesia jenis-jenis tanaman yang beracun cukup beragam tetapi kali ini akan diulas 5 jenis saja. Mari kita simak.
  1. Tanaman Jarak

Getah dan daun jarak memang berkhasiat dan sering digunakan untuk pengobatan tradisional, tetapi biji tumbuhan jarak ternyata mempunyai kandungan racun yang cukup tinggi. Racun yang diolah dari ekstrak biji jarak disebut dengan ricin dan bila terminum bisa mengakibatkan gangguan pernafasan dan gangguan sistem peredaran darah. Setitik kecil ricin saja sanggup membunuh seseorang dalam 36 hingga 48 jam.
  1. Singkong karet

Singkong yang biasa kita konsumsi tentu saja cukup aman bagi tubuh, tetapi singkong dengan varietas singkong karet atau ubi racun mengandung racun dengan kadar yang sangat tinggi. Racun yang terkumpul pada umbi dan daun singkong karet ini adalah senyawa cyanogenik glycoside, lotaustralin, dan linamarin yang dapat menghasilkan asam sianida.
  1. Kecubung

Walaupun mempunyai khasiat pengobatan herbal, tetapi kecubung tergolong salah satu tanaman yang paling mematikan di Indonesia bila dikonsumsi melebihi dosis. Akibat keracunan dari tanaman ini adalah halusinasi, mual, muntah, sesak napas, dan akibat paling buruk adalah kematian.
  1. Gympie-Gympie

Gympie-gympie yang dapat ditemukan di hutan Maluku Indonesia akan mengakibatkan panas luar biasa yang tak akan hilang hingga berbulan-bulan bila tersentuh kulit. Racun tumbuhan ini bahkan tak bisa hilang walaupun tanamannya telah kering selama ratusan tahun. Oleh karena itu menjauhlah bila melihat tumbuhan ini saat menjelajah hutan.
  1. Pohon Upas

Yang beracun pada pohon upas adalah lendir getahnya dan akibatnya cukup dasyat yaitu bila disentuhkan pada seekor anjing atau ayam, kurang dari 10 menit hewan percobaan tersebut akan tewas. Inilah sebabnya di masa penjajahan, penduduk lokal sering menggunakan racun pohon Upas untuk dioleskan pada ujung senjata sehingga mengefektifkan serangan kepada lawan.

Demikianlah ulasan mengenai tanaman yang paling mematikan di indonesia, yang tentu saja tak semudah itu ditemukan di kebun kita walaupun beberapa tanaman hias memang mempunyai kadar racun dalam jumlah yang terbatas. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan bila tersentuh getah tanaman yang beracun segera bilas dengan air bersih yang mengalir dan secepatnya bawa ke IGD. Bila sumber tanaman beracun sudah diketahui segera singkirkan terutama bila di rumah Anda terdapat anak-anak.

Nah, jangan lupa untuk membagikan artikel ini bila Anda merasa ulasan ini cukup bermanfaat!

Baca juga :

[SHARE ARTIKEL INI]

Berlangganan Artikel dikirim otomatis di email kamu:

0 Response to "5 Jenis tanaman yang paling mematikan di indonesia"

Post a Comment