Fiforlif Herbal

Catat, Makanan Ini Pantang Dimakan Mentah

MENYANTAP makanan ternyata tak boleh sembarangan, memang ada beberapa makanan yang aman disantap dalam keadaan mentah tetapi ada juga makanan yang justru menjadi bahaya jika disantap mentah.
Dilansir dari TheDailyMeal, berikut makanan-makanan yang tak boleh dimakan mentah.



Ayam

Daging ayam tidak boleh disantap dalam keadaan setengah matang, apalagi mentah. Banyak bakteri yang menempel dalam ayam mentah sehingga tak aman jika disantap langsung. Bakteri akan mati jika ayam dimasak hingga matang setidaknya dengan suhu 165 derajat Celsius. Cara pemanasan ayam ini bisa membuat bakteri mati dan ayam aman untuk dimakan. 


Sayuran chaya

Di Yucatan, chaya termasuk makanan super. Chaya yang berupa daun ini adalah makanan favorit bangsa suku Maya. Chaya mirip seperti bayam tetapi kandungan nutrisinya jauh lebih besar. Chaya termasuk salah satu makanan yang berbahaya jika disantap dalam keadaan mentah karena mengandung racun sianida yang cukup tinggi dan bisa berefek pada kematian. Tapi racun ini akan hilang saat chaya sudah dimasak, setidaknya merebus sekira lima menit untuk menetralkan toksin.


Singkong

Sama halnya seperti chaya, singkong juga mengandung racun sianida atau glikosida sianogen tepatnya. Tingginya kadar toksin ini yang menyebabkan singkong tak boleh serta merta dimakan dalam keadaan mentah tanpa diolah terlebih dahulu. Singkong bisa dimasak dengan berbagai cara, sebaiknya langsung masak singkong sesaat setelah panen.


Telur

Telur dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi tapi sebaiknya telur disantap dalam keadaan sudah diolah atau dimasak. Telur mentah kemungkinan mengandung salmonella, bakteri yang menginfeksi telur yang berasal dari kotoran.


Kentang yang sudah kehijauan

Kentang yang matang memang menghasilkan tekstur lembut dan enak, tapi tidak bagi kentang yang terlampau tua dan mulai berubah warna. Kentang berkualitas bagus umumnya memiliki warna kecoklatan yang merata, jika bagian kulit kentang berubah menjadi kehijauan sebaiknya jangan menyantapnya karena ini merupakan zat beracun. Jika nekat memakannya maka beberapa efek akan muncul seperti sakit kepala, kelelahan, mual dan masalah pada sistem pencernaan.


Kacang merah mentah

Jika Anda iseng menyantap kacang merah mentah sebaiknya urungkan niat Anda karena kacang merah tidak boleh dimakan mentah. Racun alami bernama pectin melekat di dalam kacang merah. Racun alami ini menyebabkan Anda akan merasa mual, muntah dan sakit perut beberapa jam setelah menyantap kacang merah mentah. Cara mengolah yang benar adalah dengan merendam kacang merah dalam air selama sekira lima jam sebelum diolah dan Anda akan baik-baik saja.


Daun rhubarb

Dan rhubab bukan sayuran yang disarankan untuk disantap ketika dalam keadaan mentah. daun ini mengandung toksin atau racun yang tinggi berupa asam oksalat. Racun ini tidak main-main, karena efeknya sangat berbahaya bagi tubuh. Kerusakan ginjal yang serius hingga berujung kematian adalah resiko yang akan ditanggung ketika makan daun rhubarb dalam keadaan mentah.

Sumber Okezone.com



Baca juga :

[SHARE ARTIKEL INI]

Berlangganan Artikel dikirim otomatis di email kamu:

0 Response to "Catat, Makanan Ini Pantang Dimakan Mentah"

Post a Comment